Demonstrasi Kontekstual Adalah

Dokumen tersebut membahas tentang analisis dan refleksi terkait lingkungan belajar yang aman dan nyaman bagi peserta didik. Terdapat beberapa pertanyaan yang dijawab mengenai proses pembelajaran di kelas, peran guru dalam menciptakan lingkungan belajar, komunikasi antara guru dan orang tua, keterlibatan masyarakat, serta skenario pembelajaran yang melibatkan keluarga dan masyarakat.

Demonstrasi Kontekstual adalah salah satu tugas penting yang harus diselesaikan oleh Calon Guru Penggerak (CGP) dalam program Guru Penggerak. Ini merupakan kegiatan di mana CGP secara langsung menerapkan konsep-konsep pembelajaran yang telah dipelajari dalam konteks kelas atau sekolah mereka.

Tujuan Demonstrasi Kontekstual:

Karakteristik Demonstrasi Kontekstual:

Berikut Demonstrasi Kontekstual dari Modul 1 sampai Modul 3:

Koneksi Antar Materi Tugas Modul 3.2 Aulia Rahmah, CGP Angkatan 7 Banjarmasin

Demonstrasi Kontekstual Modul 3.1

The words you are searching are inside this book. To get more targeted content, please make full-text search by clicking

DEMONSTRASI Lorina Silvi Mandela KONTEKSTUAL CGP Angkatan 5 MODUL 3.2 PEMIMPIN DALAM PENGELOLAAN SUMBER DAYAPERKENALKAN!Jihad Wafdal Qahhar Lorina Silvi Mandela, Mayasari Athari, S.Pd., Al-Masyhida S.Pd M.Pd FASILITATOR CGP Angkatan 5 PENGAJAR PRAKTIKTUJUAN1.CGP dapat menganalisis tentang visi dan prakarsa perubahan dari tayangan video praktik baik yang ada.2.CGP dapat mengidentifikasi kegiatan- kegiatan yang berhubungan dengan masing-masing tahapan B - A - G - J - A dari tayangan video yang ada.3.CGP dapat mengidentifikasi peran pemimpin pembelajaran dari tayangan video.4.CGP dapat menganalisis modal utama apa saja yang dimanfaatkan contoh video praktik baik ini.APA VISI DARI SEKOLAH TEMPAT GURU DALAM VIDEO TERSEBUT MENGABDIVISI "Mewujudkan lingkungan belajarSEKOLAH yang menyenangkan, serta meningkatkan peserta didik untuk kolaboratif, mandiri, bernalar Kritis, dan kreatif menuju karakter Profil Pelajar Pancasila".APA PRAKARSA PERUBAHAN YANGAKAN DILAKUKAN OLEH GURU DALAM TAYANGAN VIDEOPRAKARSAPERUBAHAN "Mewujudkan lingkungan belajar yang nyaman, menyenangkan, sertamenjadi penyemangat dalam belajar".APA PERTANYAAN UTAMA DARIKEGIATAN YANG DILAKUKAN OLEH GURU DALAM TAYANGAN VIDEO TERSEBUTPERTANYAAN UTAMA Bagaimana cara mewujudkan01 lingkungan belajar yang nyaman dan menyenangkanKEGIATAN/TINDAKAN APA YANGDILAKUKAN OLEH GURU DALAM TAYANGANVIDEO YANG MENGGAMBARKAN TAHAPANBUAT PERTANYAAN UTAMATindakan: Guru membuat perencanaan pembelajaran. Guru berkomunikasi, kolaborasi dengan berbagai unsur disekolah terkait pentingnya melakukan perubahan dalam menciptakan lingkungan belajar yang nyaman dan menyenangkan.AMBIL PELAJARANTindakan: Guru mengajukan pertanyaan untuk menggali informasi dari pendapat dan pengalaman murid. Mencari contoh nyata dan informasi yang dapat menciptakan lingkungan belajar yang nyaman dan menyenangkan. Hal ini dilakukan dengan cara murid berkunjung ke kelas 2 dan kelas 6 sehingga murid dapat menemukan hal yang ia sukai untuk menambah inspirasi kelas yang membuat semangat.GALI MIMPITindakan: Guru meminta murid membayangkan kelas yang nyaman, menyenangkan, serta menjadi penyemangat dalam belajar. Guru memfasilitasi murid untuk membuat gambaran kelas impian secara berkelompok. Guru meminta murid untuk mempresentasikan gambar kelas impian di depan kelas.JABARKAN RENCANATindakan: Guru mengajak murid untuk berkontribusi menentukan kebutuhan dengan menanyakan hal apa saja yang harus dilakukan dalam mewujudkan kelas impian.ATUR EKSEKUSITindakan: Murid diberi kontribusi untuk menentukan pembagian tugas dalam kelompok. Membuat agenda terkait pelaksanaan tugas dalam mewujudkan kelas impian. Murid melaksanakan tugasnya.APA PERAN PEMIMPIN YANGTERGAMBAR DALAM TAYANGAN VIDEOPERAN PEMIMPIN DALAM VIDEO TERSEBUT :01. Guru berperan sebagai manajer, dalam hal ini guru mampu mengelola kondisi kelas dari02. kegiatan awal sampai akhir pembelajaran, dan03. membantu siswa untuk mewujudkan kelas impiannya. Guru sebagai pemegang kendali dan mampu memberikan keputusan yang bijak pada saat pembelajaran. Guru memiliki nilai dan peran yang mandiri, reflektif, kolaboratif, inovatif, serta berpihak pada murid.APA SAJA MODAL UTAMA YANG DIMANFAATKAN OLEH PEMIMPIN PEMBELAJARAN DALAN TAYANGAN VIDEO? LALU BAGAIMANA PEMANFATAANNYAModal Yang Dimanfaatkan Modal Manusia Modal Fisik Modal Lingkungan / Alam Modal Finansial Guru dan siswa Ruangan kelas dan Pemanfaatan Membeli yang inovatif, sarpras yang dapat bahan alam yang kebutuhan ATK kolaboratif, digunakan untuk untuk menghiasamandiri, berpikir bisa dijadikan kritis dalam mewujudkan hiasan dinding kelas dengan mewujudkan lingkungan belajar menggunakanlingkungan belajar yang nyaman dan kelas. uang anggaran yang aman dan menyenangkan. menyenangkan dari kas.Modal Yang Dimanfaatkan Modal sosial Modal Politik Modal Agama / Budaya Guru dan muridBerkolaborasi Kepala sekolah, guru, memiliki spiritualdengan rekan murid, dan orangtua yang baik, dan sejawat, siswa yang sikap saling murid, dan mendukung setiap menghargai satuguru kelas 2 & program yang sama lain. 6. dilakukan oleh setiap guru dalam melakukan sebuah perubahan.TERIMAKASIH SALAM & BAHAGIA

The words you are searching are inside this book. To get more targeted content, please make full-text search by clicking

The words you are searching are inside this book. To get more targeted content, please make full-text search by clicking

Program yang akan dikembangkan " Semarak Gerakan Literasi Sekolah, Kolaborasi Peserta Didik " SEGELAS KOPI.

Literasi merupakan salah satu kegiatan kokurikuler yang sangat penting. Betapa pentingnya Literasi ditunjukkan dengan pencanangan Gerakan Literasi Nasional pada tahun 2016 oleh pemerintah melalui Kemendikbud RI. Sampai saat ini gerakan tersebut masih terus berjalan dan dibenahi. Untuk sukses dan berhasilnya akselerasi gerakan tersebut, diperlukan suatu upaya bersama yang konkrit dari berbagai pihak untuk dapat membangkitkan semangat gerakan literasi tersebut terutama gerakan literasi di lingkungan sekolah.

Selama ini sudah ada pembiasaan gerakan literasi sekolah, namun program tersebut berjalan sebulan sekali pada hari Jum'at kedua setiap bulan, terkadang lewat karena tanggal merah atau ada kegiatan lain yang lebih diprioritaskan. Selain itu yang terlihat pada kebanyakan peserta didik lebih senang bermain game online pada ponsel mereka masing-masing.  Kegiatan literasi tersebut biasanya membahas buku tertentu seperti cerita atau novel dengan tujuan agar anak murid lebih sering membaca buku. Setelah membaca beberapa anak diberikan kesempatan untuk mempresentasikan hasil bacaannya di depan seluruh peserta didik. Kegiatan literasi sekolah tersebut nampaknya belum memberi pengaruh positif untuk menumbuhkan budaya membaca bagi peserta didik di lingkungan sekolah, kesempatan yang diberikan kepada peserta didik untuk merefleksikan atau presentasi hasil bacaan juga sangat terbatas sehingga tidak memberikan ruang yang memadai untuk pengembangan kepemimpinan murid yang dapat diwujudkan dengan membuka kesempatan peserta didik untuk bebas bersuara, mengemukakan gagasannya, menunjukkan pilihan, dan kepemilikannya. Oleh karena itu perlu ada upaya yang sungguh-sungguh agar ada pertumbuhan atau peningkatan budaya baca yang dapat mendorong pengembangan kepemimpinan murid. Salah satu upaya tersebut berupa perubahan strategi gerakan literasi dengan metode yang lebih efektif dan menarik. SEGELAS KOPI ini merupakan kegiatan kokurikuler yang diharapkan dapat berfungsi sebagai penguatan terhadap semua materi mapel untuk menumbuhkan budaya membaca yang merupakan bagian dari literasi yang dapat diharapkan berdampak positif meningkatkan kemampuan dan pengembangan kepimimpinan murid.

a. Sebagai penguatan terhadap semua mapel agar murid memiliki rasa cinta terhadap literasi.

b. Memotivasi murid tentang pentingnya peningkatan budaya literasi

c. Mempererat hubungan interaksi social warga sekolah khususnya antara guru dengan murid

Alasan Pemilihan Program

Kegiatan ini diharapkan dapat menumbuhkan budaya literasi, dan menciptakan interaksi sosial secara positif. Agar murid terbiasa untuk membaca, hidup bersosialisasi, berkolaborasi, dan berelasi dalam kehidupan yang di mulai dari lingkungan sekolah. Program ini juga diyakini dapat mendukung program intrakurikuler dan Gerakan Literasi Nasional yang berdampak positif bagi pengembangan potensi kepemimpinan murid sebagai generasi muda penerus bangsa Indonesia.

Lihat Pendidikan Selengkapnya

DEMONSTRASI KONTEKSTUAL MODUL 3.3 P E N G E L O L A A N P R O G R A M Y A N G B E R D A M P A K P A D A M U R I D B A G J A

ELIS PARLISA RAHMAWATI CGP ANGKATAN KE -7 UPTD SMP NEGERI 2 HAURGEULIS KABUPATEN INDRAMAYU

DIAN RAHMAWATI FASILITATOR PENGAJAR PRAKTIK FADHIL MUHAMMAD

TUJUAN PEMBELAJARAN KHUSUS CGP dapat mengembangkan ide dari ruang kolaborasi menjadi sebuah prakarsa perubahan dalam bentuk rencana program/kegiatan yang memanfaatkan model manajemen perubahan BAGJA

DASAR FILOSOFI KI HADJAR DEWANTARA Maksud pengajaran dan pendidikan yang berguna untuk perikehidupan bersama adalah memerdekakan manusia sebagai anggota persatuan (rakyat)

Kegiatan Market Day sesuai dengan kondisi lingkungan siswa. Hal ini sesuai dengan filosofi KHD yaitu kembangkan siswa sesuai dengan kodrat alamnya. Lingkungan pasar merupakan kodrat alam bagi siswa SMP NEGERI 2 Haurgeulis. melatih mereka jual beli sejak dini melatih kreatifitas mereka serta mengembangkan potensi yang ada agar menjadi unggul dan produktif MARKET DAY ALASAN PROGRAM YANG DIPILIH DESKRIPSI SINGKAT DAN ALASAN DESKRIPSI SINGKAT Kegiatan Market Day ini adalah merupakan pembelajaran berbasis projek dengan mengambil tema kewirausahaan, dalam kegiatan ini siswa kelas 7 dan 8 membuat sebuah tim dengan kelasnya masing-masing untuk menjual berbagai makanan dan minuman baik hasil produksi sendiri maupun kulakan di hari yang telah di tentukan

POINT/KOMPONEN PROFIL PELAJAR PANCASILA YANG DIKEMBANGKAN Mampu Bergotong royong Mandiri Beriman bertakwa dan berahlak mulia Kreatif Kepemimpinan murid memungkinkan murid untuk terlibat dan berinteraksi dengan orang lain, bekerja dan berkontribusi dalam masyarakat yang lebih luas menumbuhkembangkan kepemimpinan murid mendorong untuk mengambil kontrol dan bertanggungjawab pada proses pembelajarannya sendiri Menumbuhkembangkan kepemimpinan murid akan mendorong murid untuk mengembangkan berbagai sikap positif seperti jujur,percaya diri,produktif yang merupakan pengejawantahan dari iman ketakwaan dan ahlak mulia Menumbuhkan kepemimpinan murid mendorong untukmampu memodifikasi dan menghasilkan sesuatu yang orisinal, bermakna, bermanfaat, dan berdampak

Lingkungan yang mengembangkan keterampilan berinteraksi sosial secara positif, melatih siswa untuk mandiri,jujur,bertanggungjawab unggul dan produktif KARAKTERISTIK LINGKUNGAN PENDUKUNG TUMBUHNYA KEPEMIMPINAN MURID YANG AKAN DIKEMBANGKAN "Besok, di mana pun Anda berada, lakukan perubahan kecil di kelas Anda." -Nadiem Makarim-

PRAKARSA PERUBAHAN Program Market Day menguatkan interaksi sosial secara positif, melatih kemandirian, kreativitas unggul dan produktif

UAT PERTANYAAN Bagaimana kita dapat menumbuhkembangkan lingkungan ynng dapat menciptakan interakasi sosial yang positif melatih kemandirian kreativitas unggul dan produktif? Rencana untuk melibatkan suara/pilihan / kepemilikan murid Melakukan sesi dialog dengan perwakilan siswa untuk menguatkan ide di tahap awal TAHAPAN BAGJA Tindakan yang diperlukan untuk mendapatkan jawaban Diskusi dengan Kepala Sekolah dan rekan guru bagaimana menciptakan lingkungan yang positif agar tumbuh jiwa kemandirian,kreatif,pr oduktif dan unggul

Penanggung Jawab CGP sendiri Aset yang diberdayakan pada tahap ini Murid Rekan Guru, dan Kepala Sekolah TAHAPAN BAGJA Waktu yang diperlukan 1 (satu ) hari

ertanyaan Aktifitas apa yang dapat menumbuhkembangkan kreativitas,kerjasama,mandiri,produktif dan unggul ? Apa yang dirasakan siswa ketika bisa bekerjasama ,kreatif dan produktif? Mana kegiatan sekolah yang telah membantu siswa dalam menumbuhkembangkann jiwa kreatif mandiri dan produktif? Curah pendapat dengan siswa bagaimana agar bisa melaksanakan kegiatan market day AMBIL PELAJARAN Rencana untuk melibatkan suara/pilihan / kepemilikan murid Survei minat anak tentang kegiatan kewirausahaan yang telah diidentifikasi sebelumnya kepada murid Tindakan yang diperlukan untuk mendapatkan jawaban

Buku-buku perpustakaan dengan tema kewirausahaan Guru,Murid dan Kepala Sekolah Orang tua murid Pedagang sekitar sekolah CGP dan koordinator P5 serta walikelas AMBIL PELAJARAN Aset yang diberdayakan pada tahap ini Penanggung Jawab Waktu yang diperlukan 3 Hari

Pertanyaan Apakah kegiatan market day yang sudah berjalan dilingkungan sekolah? Apa yang dilakukan oleh warga sekolah agar kegiatan market day dapat berjalan? Bagaimana perasaan murid ketika kegiatan market day terlaksana? Membuat agenda atau jadwal bersama perwakilan kelas tentang hari pelaksanaan market day GALI MIMPI Rencana untuk melibatkan suara/pilihan / kepemilikan murid Tindakan yang diperlukan untuk mendapatkan jawaban Mengajak murid bagaimana jika kegiatan market day dapat terselenggara dengan baik?

G u r u M u rid C G P G A L I M I M P I W a k t u y a n g d i p e r l u k a n 1 ( s a t u ) h a ri A s e t y a n g d i b e r d a y a k a n p a d a t a h a p i n i P e n a n g g u n g J a w a b

Pertanyaan Apa langkah yang akan dilakukan agar program terlaksana Tindakan apa yang dapat dilakukan untuk menumbuhkan jiwa kewirausahaan dalam diri murid Bagaimana mengukur keberhasilan program Murid bersama teman satu kelasnya membentuk tim membuat perencanaan dari mulai persiapan anggaran,pembagian jobdesc dll JABARKAN RENCANA Rencana untuk melibatkan suara/pilihan / kepemilikan murid Tindakan yang diperlukan untuk mendapatkan jawaban Mendiskusikan program bersama walikelas dan guru prakarya/koordinator P5 Membentuk catatan rencana perkembangan dan evaluasi program

Guru prakarya/koordinator P5 Murid CGP Waktu yang diperlukan 1 (satu)hari Aset yang diberdayakan pada tahap ini Penanggung Jawab JABARKAN RENCANA

Pertanyaan Siapa yang akan mengawasi, memonitoring, dan mengevaluasi terhadap kegiatan market day? Apa saja yang dibutuhkan dan siapa saja yang terlibat dalam program market day? Kapan program ini dimulai Melibatkan seluruh kelas 7 dan 8 sebagai target pelaksanaan, dan kelas 9 serta warga sekolah lain termasuk Guru dan TAS ATUR EKSEKUSI Rencana untuk melibatkan suara/pilihan / kepemilikan murid Tindakan yang diperlukan untuk mendapatkan jawaban Kepala sekolah selaku pensupervisi/monitoring, CGP sebagai penanggung jawab dibantu oleh guru prakarya/koorddinator P5 program akan dilaksanakan pada tanggal 12 juni 2023

Kepala Sekolah, Guru, TAS dan murid CGP Waktu yang diperlukan 1 (satu)hari Aset yang diberdayakan pada tahap ini Penanggung Jawab ATUR EKSEKUSI